Diberdayakan oleh Blogger.

Makalah Perkembangan Peserta Didik

BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Free Download Top Makalah || Makalah Perkembangan Peserta Didik. Peserta didik adalah makhluk sosial. Sebagai makhluk sosial, ia membutuhkan orang lain untuk dapat tumbuh kembang menjadi manusia yang utuh. Dalam perkembangannya, pendapat dan sikap peserta didik dapat berubah karena interaksi dan saling berpengaruh antar sesama peserta didik maupun dengan proses sosialisasi. Dengan mempelajari perkembangan hubungan sosial diharapkan dapat memahami pengertian dan proses sosialisasi peserta didik.

Pada awal manusia dilahirkan belum bersifat sosial, dalam artian belum memiliki kemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan orang-orang dilingkungannya.

Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain telah dirasakan sejak usia enam bulan, disaat itu mereka telah mampu mengenal manusia lain, terutama ibu dan anggota keluarganya. Anak mulai mampu membedakan arti senyum dan perilaku sosial lain, seperti marah (tidak senang mendengar suara keras) dan kasih sayang.

Perkembangan sosial pada masa remaja berkembang kemampuan untuk memahami orang lain sebagai individu yang unik. Baik menyangkut sifat-sifat pribadi, minat, nilai-nilai atau perasaan sehingga mendorong remaja untuk bersosialisasi lebih akrab dengan lingkungan sebaya atau lingkungan masyarakat baik melalui persahabatan atau percintaan. Pada masa ini berkembangan sikap cenderung menyerah atau mengikuti opini, pendapat, nilai, kebiasaan, kegemaran, keinginan orang lain. Ada lingkungan sosial remaja (teman sebaya) yang menampilkan sikap dan perilaku yang dapat dipertanggung jawabkan misalnya: taat beribadah, berbudi pekerti luhur, dan lain-lain. Tapi ada juga beberapa remaja yang terpengaruh perilaku tidak bertanggung jawab teman sebayanya, seperti : mencuri, free sex, narkotik, miras, dan lain-lain. Remaja diharapkan memiliki penyesuaian sosial yang tepat dalam arti kemampuan untuk mereaksi secara tepat terhadap realitas sosial, situasi dan relasi baik di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Masa dewasa, yang merupakan masa tenang setelah mengalami berbagai aspek gejolak perkembangan pada masa remaja. Meskipun segi-segi yang dipelajari sama tetapi isi bahasannya berbeda, karena masa dewasa merupakan masa pematangan kemampuan dan karakteristik yang telah dicapai pada masa remaja. Oleh karena itu, perkembangan sosial orang dewasa tidak akan jauh berbeda kaitannya dengan perkembangan sosial remaja.

Dari hal-hal yang diuraikan di atas maka penyusun ingin membuat makalah dengan judul “Karakteristik Perkembangan Sosial dan Kepribadian Masa Kanak-Kanak, Anak, Remaja, dan Dewasa serta Implikasinya dalam Pendidikan”.



B. Rumusan Masalah



Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penyusun merumuskan rumusan masalah sebagai berikut.

1. Apa yang dimaksud dengan perkembangan sosial?

2. Apa saja karakteristik perkembangan sosial anak, remaja, dan dewasa?

3. Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial?

4. Bagaimana pengaruh perkembangan sosial terhadap tingkah laku?

5. Mengapa dan bagaimana perkembangan sosial seseorang dijadikan implikasi terhadap penyelenggaraan pendidikan?

6. Apa yang dimaksud dengan perkembangan kepribadian?

7. Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian? 8. Apa saja karakteristik perkembangan kepribadian anak, remaja, dan dewasa?
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Makalah pendidikan / Perkembagan Peserta Didik dengan judul Makalah Perkembangan Peserta Didik. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://topmakalah4u.blogspot.de/2012/01/makalah-perkembangan-peserta-didik.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: JN_YD21 - Minggu, 15 Januari 2012

Belum ada komentar untuk "Makalah Perkembangan Peserta Didik"

Poskan Komentar